Kumpulan contoh paragraf analogi

Contoh kumpulan paragraf analogi

 "Contoh kumpulan paragraf analogi"- Assalamu alaikum Wr. Wb.

Paragraf analogi adalah paragraf yang disusun atas beberapa objek yang berbeda namun memiliki persamaan. Dimana benda objek A akan dibandingkan dengan benda B, apakah itu dari peran, fungsi, kegunaan, ataupun kekurangannya. Pada kesempatan ini, saya akan menulis beberapa contoh paragraf analogi.


A. Analogi waktu, ilmu pengetahuan dan kehidupan
 Contoh 1 :
      Mata merupakan organ tubuh yang digunakan untuk melihat.  berjalan tanpa mata pasti akan sangat  sulit, karena tanpa penglihatan manusia akan sering tertabrak, tersandung, dan terjatuh. Sama halnya dengan ilmu pengetahuan. ilmu pengetahuan merupakan penuntun di dalam hidup manusia. tanpa ilmu pengetahuan hidup akan terasa sangat sulit, karena tanpa ilmu pengetahuan, manusia akan sulit menghadapi halangan, rintangan, dan masalah di dalam kehidupan.

Contoh 2 :
        Mata adalah organ yang sangat penting bagi mahluk hidup  jika seorang manusia tidak bisa melihat pasti  sangat sulit untuk berjalan dan menjalani hidup Orang yang  memiliki ilmu yang tinggi namun tidak memiliki agama yang baik  maka ilmunya itu akan berjalan tak tentu arah.


B. Analogi Durian dan kehidupan
        Durian merupakan buah yang sangat lezat tetapi berduri di luarnya. tanpa kehati-hatian, manusia akan tertusuk oleh tajamnya duri dari buah durian.  Tetapi jika dimanfaatkan dengan baik, durian akan sangat lezat untuk dimakan. Sama halnya dengan kehidupan. Tanpa kehati-hatian, manusia akan dirusak oleh kejamnya kehidupan.  Tetapi jika manusia dapat memanfaatkan kehidupan dengan baik, maka manusia dapat mencapai apapun yang dia inginkan.

C. Analogi kertas putih dan anak bayi
         Seorang anak yang baru lahir masih suci. Baik buruknya anak tersebut bergantung pada bagaimana cara oran tua mendidiknya, pengaruh orang-orang terdekat dan lingkungannya. Seperti  kertas putih yang belum bernoda, akan menjadi apa kertas tersebut tergantung pada apa yang akan kita goreskan pada kertas putih tersebut.

D. Analogi koruptor dan Tikus
         Seorang koruptor sama halnya dengan seekor tikus yang kelaparan .seekor tikus akan memakan segala sesuatu tanpa memperdulikan baik buruknya benda tersebut .seorang koruptor akan mengambil uang Negara tampa mempedulikan akibat yang akan terjadi pada dirinya maupun orang lain.

2 Responses to "Kumpulan contoh paragraf analogi"

  1. Kl mau diperlebar lagi tentu akan banyak sekali contoh2 paragraf semacam ini.

    Salam.

    BalasHapus
  2. wah saya sangat tertarik dalam membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan

    BalasHapus