Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi


a.       Bidang Politik
pengaruh globalisasiDalam bidang politik, negara-negara maju, terutama Amerika Serikat selalu mempropagandakan isu demokrasi, kebebasan, keterbukaan, dan hak asasi manusia. Untuk memaksakan keempat isu tersebut, mereka menggunakan segala cara, dari tekanan diplomatik, menekan lewat embargo ekonomi hingga intervensi langsung terhadap negara yang tidak menuruti seruannya. Hal ini yang perlu diwaspadai. Demokratisasi, kebebasan, keterbukaan, dan hak asasi manusia adalah hal-hal yang baik namun pelaksanaannya harus disesuaikan dengan situasi, kondisi, serta kepribadian bangsa.
1)      Demokrasi
Pelaksanaan demokrasi harus kita laksanakan sesuai dengan jiwa dan pandangan hidup bangsa serta dasar negara pancasila. Dalam hal ini, Demokrasi Pancasila yang berlandaskan falsafah kekeluargaan tidak mengenal adanya diktator mayoritas atau tirani minoritas.
2)      Kebebasan dan keterbukaan
Kebebasan dan keterbukaan di sini harus diberi batasan yang jelas. Kebebasan yang tanpa batas akan menghasilkan anarki atau kekacauan, baik ekonomi, politik, serta stabilitas nasional. Pada masa reformasi ini, kadang kita lihat kebebasan dan keterbukaan dilakukan secara berlebihan sehingga stabilitas negara terganggu. Sejauh mana kebebasan dan keterbukaan bisa dilakukan harus mengacu pada peraturan, norma yang dijunjung tinggi dalam masyarakat serta etika bermasyarakat dan berbangsa. Sehingga kebebasan dan keterbukaan yang kita laksanakan buka nberubah kekacauan, melainkan kemajuan dan kesejahteraan rakyat.
3)      Hak asasi manusia
Hak asasi manusia bersifat universal, namun pelaksanaannya tergantung pandangan hidup serta nilai-nilai sosial budaya bangsa. Tidak bisa kita dipaksa melaksanakan HAM ala Amerika atau negara-negara barat lainnya, karena pandangan hidup kita berbeda.
b.      Bidang Ekonomi
Untuk menghadapi tekanan dari negara maju sebagai dampak globalisasi tersebut, maka kita harus berpegang pada hal-hal berikut ini.
1)      Sistem ekonomi harus berpegang pada pasal 33 UUD 1945, yaitu demokrasi ekonomi atau ekonomi kekeluargaan. Ekonomi liberal dan ekonomi pasar bebas jelas tidak cocok dengan jiwa dan semangat pasal 33 UUD 1945.
2)      Pengembangan ekonomi harus berbasis pertanian (termasuk perikanan dan kelautan), karena wilayah kita yang luas serta subur
3)      Industri harus berdasarkan pada bahan baku setempat sehingga ketergantungan yang tinggi terhadap bahan baku impor bisa dihindari.
4)      Perekonomian harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan rakyat.
5)      Menghindari utang luar negeri karena dengan utang yang banyak akhirnya kita akan didikte terhadap negara pengutang. Sejarah krisis ekonomi salah satu penyebabnya adalah banyaknya utan luar negeri kita terhadap negara-negara maju.
c.       Bidang sosial budaya

Untuk menghadapi pengaruh negatif globalisasi, kita harus meningkatkan penghayatan dan pengamalan Pancasila. Misalnya meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang kita anut, kesusilaan, dan lain-lain.

0 Response to "Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi"

Posting Komentar