Tips agar tidak meninggalkan shalat

Shalat merupakan salah satu dari 5 rukun islam. Atau dengan kata lain Shalat adalah suatu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim. Melaksanakan shalat memiliki hukum fardhu 'ain. Ibadah dengan hukum fardhu 'ain meruapakan suatu ibadah yang wajib dilakukan setiap orang yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan akan mendatangkan dosa.

Pengertian shalat menurut fiqih adalah tindak ibadah yang di sertai bacaan berupa do'a - do'a yang di mulai dari takbir dan diakhiri dengan salam sesuai syarat dan rukunnya. Makna hakikinya adalah menghadapkan jiwa atau hati kepada Allah Swt.

Dari ulasan di atas, kita dapat mengetahui betapa pentingnya shalat 5 waktu bagi seorang muslim. Tapi nyatanya sekarang banyak orang yang meninggalkan shalat fardhu ini dengan beberapa alasan, ada kerjaan lah, capek lah, masih bisa besok lah, tuhan pasti mengampuni lah, dan banyak alasan yang tidak logis lainnya.

Seperti yang kita lihat sekarang ini, bahwa banyak yang meninggalkan shalat fardhu. Padahal Allah telah berfirman untuk mendirikan shalat pada puluhan ayat di dalam Al-qur'an. Azab bagi mereka yang meninggalkan shalat fardhu adalah diberatkan hisabnya, mendapat murka dari Allah, dan tentunya dimasukkan ke dalam neraka. Salah satu contoh ayat yang memerintahkan shalat adalah QS. Al-Haj[22]:78

Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah "SHALAT", tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Berangkat dari masalah ini, saya berinisiatif untuk memberikan tips agar tidak meninggalkan shalat:
1. Pasanglah alarm shalat pada ponsel anda. Hal ini berguna agar ketika anda berada di suatu lokasi yang tidak dijangkau oleh suara adzan, anda dapat dengan mudah mengetahui waktu shalat

2. Jika anda sering menggunakan headset saat menggunakan komputer saat bekerja, pasanglah aplikasi atau software pengingat waktu shalat pada komputer anda. Contoh softwarenya adalah Shollu. Software ini akan mengeluarkan suara adzan ketika masuk waktunya shalat.

3. Jangan menunda-nunda shalat dengan alasan apapun, karena akan mengundang bisikan setan. Bisikan agar anda meninggalkan shalat

4. Yang terakhir dan yang paling penting, sering-seringlah melakukan kajian tentang agama islam. Agar anda sadar betapa pentingnya melaksanakan shalat dan betapa berbahayanya meninggalkan shalat.

0 Response to "Tips agar tidak meninggalkan shalat"

Posting Komentar