Macam-macam sendi dan letaknya

Setelah sekian lama saya tidak mengupdate konten blog dikarenakan adanya pelaksanaan UN untuk SMA, sekarang saya akan berbagi mengenai materi sendi di kelas XI IPA. Setiap orang pasti tau dengan sendi, sendi merupakan hubungan antara satu tulang dan tulang yang lainnya.
    Berdasarkan tulang pembentuk dan arah geraknya, persendian diartrosis dibedakan menjadi sendi luncur, sendi putar, sendi pelana, sendi engsel, sendi kondiloid, dan sendi peluru.

a. Sendi Luncur
    Sendi luncur memungkinkan tulang bergerak dengan arah yang berbeda, atau saling begeser. Contoh sendi luncur adalah sendi antara tulang telapak kaki/tangan dan tulan pergelangan kaki/tangan atau sendi antara tulang rusuk dan tulang dada

b. Sendi Putar
    Sendi putar atau sendi guling memungkinkan tulang bergerak memutari tulang yang lain atau sumbu sendi. Contoh sendi putar adalah sendi antara tulang hasta dan tulang pengumpil, atau sendi  antara tulang atlas dan tulang aksis

c. Sendi Pelana
   Sendi pelana memungkinkan tulang bergerak ke dua arah seperti orang menunggang kuda di atas pelana. Sendi pelana terdapat pada ibu jari

d. Sendi Engsel
    Sendi engsel memungkinkan tulang bergerak hanya ke satu arah, seperti engsel pintu. Contohnya, sendi pada siku, pada lutut, pada pergelangan kaki, atau sendi pada ruas-ruas jari.

e. Sendi Peluru
    Sendi peluru memungkinkan tulang bergerak ke segala arah, contohnya sendi antara tulang lengan atas dan gelang bahu, atau sendi antara tulang paha dan tulang  panggul.

f. Sendi Kondiloid
    Sendi Kondiloid atau sendi elipsoid memiliki bentuk seperti sendi peluru, tapi tidak memungkinkan banyak gerakan. Gerakan yang terjadi hanyalah menggeser dan meluncur. Contohnya sendi antara dasar tengkorak dan ruas pertama tulang punggung yang memungkinkan kepala mengangguk.

0 Response to "Macam-macam sendi dan letaknya"

Posting Komentar