Tips Dalam Menghadapi Masa OSPEK


Ospek       Saya tertarik membuat tulisan dengan judul “Tips Dalam Menghadapi Masa OSPEK” karena pada tahun ini saya juga akan menghadapi masa OSPEK. OSPEK merupakan suatu kegiatan yang rutin dilakukan dalam penerimaan Mahasiswa Baru. Fungsi dari OSPEK sendiri adalah untuk membuat mahasiswa baru lebih mengenal karakterisitik kampus tempatnya berkuliah nanti.
      Tapi banyak mahasiswa senior menjadikan masa OSPEK sebagai ajang tempat untuk bersenang-senang. Mereka bersenang-senang dengan mem-bully mahasiswa baru (Maba). Segala cara mereka lakukan untuk mencari kesalahan Maba agar dapat memberikan hukuman dan menyiksa Maba. Sekedar informasi, hantu aja takut diberi hukuman sama senior :D. Tapi tenang saja, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan Tips agar dapat terhindar dari kejamnya masa OSPEK.

Yang perlu anda lakukan:
1. Jadilah junior yang sopan
Jangan sekali-sekali anda menampilkan kesan sombong di depan senior, karena pastinya anda akan menjadi bulan-bulanan dalam masa OSPEK. Jangan takut untuk menyapa dan melempar senyum kepada senior. Karena sesuai hasil penelitian, dengan melemparkan senyum ke orang lain maka situasi hati orang tersebut akan lebih tenang. Skenario terbaiknya, senior itu malah akan berbalik melindungi anda dari senior yang lain

2. Jangan terlalu menonjol (Kecuali anda ingin menjadi artis dadakan :D)
Hal ini merupakan hal yang sangat penting tapi sering dilupakan oleh Maba. Jangan terlalu Menonjol yang dimaksudkan disini adalah jangan terlalu menampilkan kelebihan dan bakat anda seperti kecantikan, ketampanan, menyanyi, menari, baca puisi dll. Mengapa tidak boleh menonjol? Jika anda terlalu menonjol, anda akan tidak hanya akan dikenal oleh mahasiswa senior pendamping anda, melainkan nama anda juga akan sampai ke senior yang lain.
cat: Untuk Maba putri, jangan sedikitpun menggunakan yang namanya make up!!!

3. Jadilah orang yang pendiam (Tenang, jadi pendiam cuma sementara :v )
Poin ketiga ini sebenarnya poin yang mendukung poin yang pertama. Jika anda menjadi pendiam, maka anda tidak akan terlalu diperhatikan oleh senior. Jadi, frekuensi terjadinya tumbukan antara anda dan senior akan menjadi semakin minim. Gak ngerti? sama, saya juga Open-mouthed smile

4. Jadilah orang yang membosankan (Bersyukurlah kalian yang memang sudah membosankan :v Hahahaa )

Alasan poin keempat ini mirip dengan poin yang petama. Maksudnya, Jika anda diberikan perintah atau hukuman, lakukanlah dengan biasa saja dan sesederhana mungkin. Jika anda menjadi orang yang membosankan, anda tidak akan dilirik sedikitpun.


5. Jangan membangkang
Maba yang suka membangkang merupakan mangsa empuk bagi para senior. Jika ada Maba yang membangkan, dapat dipastikan lebih dari setengah senior yang ada akan memberikan hukuman yang sangat mengerikan. Auuuuu… Satenya bang 100 tusuk gak usah dibakar  *pakai backsound horror*  :v

6. Patuhi semua Peraturan yang berlaku
Hal ini adalah hal yang paling dasar agar tidak kena omel dari senior. Anda harus mengikuti semua aturan yang berlaku, seperti datang tepat waktu, mengenakan pakaian yang telah diperintahkan sebelumnya, dan membawa barang-barang sesuai instruksi.

Nah, saya pikir jika anda mencermati ke 6 poin di atas dengan baik, anda akan melalui masa OSPEK dengan aman, tenteram, damai, tenang, dan tanpa tekanan. Jika merasa tulisan saya ini bermanfaat, boleh dong dibagikan ke teman-teman yang lain melalui facebook atau twitter (lewat SMS juga boleh :v ). Atau setidaknya tolong tinggalkan komen . Saya doakan semoga masa OSPEK kalian berjalan dengan lancar O:) .

Salam Mahasiswa Teknik Infomatika Universitas Hasanuddin.

0 Response to "Tips Dalam Menghadapi Masa OSPEK"

Posting Komentar