Contoh resensi novel tentang cinta

Membuat Resensi Novel
   1.       Judul Resensi                    : Perjuangan hidup sebuah keluarga.
   2.       Indentitas Novel
a.       Judul Novel                                : Gak Akan Gue Menjual Cinta
b.      Pengarang                  : Maria Amelia
c.       Tebal                             : 128 halaman
d.      Ukuran buku              : 11.5 x 17.5 cm
e.      Tahun Terbit              :
f.        Penerbit                      : Sandoro Jaya


   3.       Sinopsis

Gak Akan Gue Menjual Cinta

Suciati adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunyai seorang anak perempuan yang bernama putri,  dan memiliki seorang suami bernama Rian . Rian bekerja sebagai kepala bagian di gudang pabrik, mereka hidup dengan ekonomi yang pas-pasan.
Tetapi dulu saat pernikahannya dengan Rian, mereka tidak direstui oleh keluarga Rian yaitu keluarga Nyonya Raden Mas Kundipuro. Keluarga Rian adalah orang terkaya ke5 di Indonesia, ia tidak direstui oleh keluarga Rian karena Suciati memiliki asal-usul yang tidak jelas dan tidak sederajat dengan keluarga suaminya.
Suatu hari Suciati mendapat pertanda buruk , ternyata pertanda buruk itu datang kepada suaminya Rian yang mengalami kecelakan kerja bersama dengan 4 bawahannya. Ternyata suami Suciati terkena lumpuh , sehingga Rian tidak bias bekerja lagi. Terpaksa Suciati lah yang harus bekerja menafkai keluarga, untuk menggantikan suaminya. Namun Suciati tak pernah merasa kesal maupun marah terhadap suaminya, melainkan tetap menyayangi sang suami yaitu Rian seperti dulu.
Sekarang Suciati bekerja sebagai sekretaris Pak Andre salah satu direktur perusahaan yang ditempatinya bekerja , itupun atas bantuan dari sahabat Suciati dulu semasa sekolah menengah atas. Tetapi lama-kelamaan Pak Andre menyukai , Suciati dengan iming-iming hidup mewah dan kekayaan, tetapi dengan syarat menjadi simpanan Pak Andre. Walaupun begitu karena cintanya terhadap sang suami suami begitu besar, maka Suciati memilih untuk mencari pekerjaan yang lain.


   4.      Penilaian
a.      Kelebihan             : Alur ceritanya bagus.
b.      Kelemahan           : Akhir ceritanya bergantung , tidak di ketahui apakah mereka hidup bahagia atau tidak.

   5.      Simpulan atau penutup : Novel ini baik untuk dibaca untuk remaja dan dewasa karena kisahnya mengajarkan tentang kesetian dan arti sebuah kejujuran.


0 Response to "Contoh resensi novel tentang cinta"

Posting Komentar