Pelajar Harus Nge Blog



Assalamu Alaikum Wr. Wb. 


         Berbeda dengan blogger lain yang memulai kata-katanya dengan "hai blogger" atau "hai sobat blogger", saya justru memulai kata-kata saya dengan kalimat Salam agar setiap orang yang membaca tulisan saya mendapatkan pahala yang berlimpah. amin.

       Saya merupakan salah satu anggota komunitas blogger wajo yang mengikuti kontes menulis dengan keyword "Pelajar Harus Ngeblog". Saya sangat antusias mengikuti kontes ini karena saya merupakan salah satu Pelajar yang sangat "mencintai" dunia blogging bisa dibilang tergila-gila :D

           Saat pertama membaca judul poting saya ini yaitu "Pelajar Harus NgeBlog", pasti akan muncul di benak kita "apa sih manfaatnya Nge blog? Saya akan menjawab dengan detail dan jelas pertanyaan ini. Ada beberapa manfaat menjadi blogger, antara lain:
  • menambah wawasan
  • melatih kecerdasan di bidang teknologi
  • mendapatkan teman baru
  • bukan hanya itu, dengan menjadi blogger, kita bisa mencari uang.
       Pertama, menambah wawasan. Untuk mampu bersaing di dunia maya, khususnya di dunia blogging, kita harus memiliki wawasan yang luas. Kita akan terpancing mencari hal-hal baru yang nantinya akan sangat berguna bagi kita di dunia nyata terutama di pendidikan formal(sekolah). Misalnya saja, kita tertarik menulis tentang sains, maka kita akan mencari banyak informasi tentang sains agar mampu membuat tulisan yang baik di blog untuk memikat pengunjung. Agar anda percaya, saya bisa menjamin 80 % wawasan saya berasal dari dunia blogging terutama di bidang blogwalking.

      Kedua, melatih kecerdasan di bidang tekonologi. Manfaat ini nyaris sama dengan yang pertama. Perbedaannya ada kekhususan bidang. Dalam hal ini, teknologi. Di dunia blogging, kita harus merias blog kita sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan blogger yang lain. Untuk merias blog, kita harus bisa menguasai script-script yang ada pada html, javascript, php dll. Lama-kelamaan kita akan terbiasa dalam menulis script pada html blog. Script ini dapat kita gunakan dalam membuat software. Bisa anda bayangkan kalau kita masih pelajar tapi sudah bisa menciptakan suatu software? Itu bisa menjadi catatan sejarah. Jadi, tunggu apa lagi. Jadilah seorang blogger sejati



     Ketiga, mendapatkan teman baru. Dengan menjadi seorang blogger, kita tidak akan terlepas dari viewer, reader, dan follower blog. Kita bisa menambah teman baru dengan berkenalan dengan viewer, reader, dan follower blog kita. Sebagai contoh, saya dan beberapa teman di Komunitas Blogger Wajo sudah menjadi teman. Kami sering berbagi hal-hal tentang dunia blogging. Bahkan teman-teman dari KomunitasBlogger Wajo sudah sering berkumpul di warkop. Hapuslah anggapan bahwa blogger hanya memiliki teman di dunia maya karena setelah kita berteman di dunia maya, kita dapat melakukan pertemuan-pertemuan untuk membahas hal-hal yang berhubugan dengan blog atau hal-hal lain yang berguna.


       Dan yang terakhir kita bisa mendapat uang dari blog. Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Seperti, pemasangan iklan, paid review, menulis artikel untuk perusahaan dan kontes seperti yang saya lakukan saat ini. Kita juga bisa menjadi seorang sales. Kita bekerja sama dengan pihak yang menghasilkan produk dan kita jual di blog kita. Keuntungannya tergantung dari kesepakatan antara blogger dan produsen. Jika kita mampu menjual barang yang sangat banyak maka penghasilan atau income yang kita dapatkan akan bertambah banyak pula.



        Selain dari keempat hal diatas, masih banyak keuntungan dengan menjadi blogger. Keuntungan lainnya dapat langsung ditanyakan ke konsultan khusus saya, mbah google gitu lo. Kedua teman saya yang merupakan blogger yang sudah mendapat keuntungan (bisa dibilang sukses) dari blogging seperti A. Agus Salim dan A. RizalZulfachri. A. Agus merupakan ketua dari Komunitas Blogger Wajo yang menggunakan blognya (pelajar pro dan sutera indah) sebagai sumber penghasilan. di blog pelajar pro, beliau memasang google adsense untuk mendapatkan keuntungan setiap pengunjung blog mengklik iklan tersebut. beliau juga punya sutera indah, disini A. Agus menjual barang-barang yang terbuat dari sutera untuk mempertahankan budaya asli kabupaten wajo. Sedangkan Rizal, dia telah mendapatkan hadiah yang berupa gadget dari kontes semi SEO yang diadakan oleh Komunitas Blogger Wajo bekerjasama dengan Telkomsel yang merupakan operator telepon seluler terbesar di Indonesia. inilah foto A. Agus dan A. Rizal


Lomba seo bagi pelajar

         Di sebelah kiri A. Agus dan di sebelah kanan A. Rizal
 
        Postingan saya ini memperlihatkan fakta untuk dapat membuat pelajar lain tertarik membuat blog. Jadi, saya mau mengajak seluruh pelajar (sesuai dengan tema) agar mulai Nge Blog sama seperti saya dan teman-teman di Komunitas Blogger Wajo. Blogging itu menyenangkan tergantung dari cara kita menyikapinya. Kalau kita bersungguh-sungguh ingin menjadi blogger sejati, insya Allah jalan untuk mencapai kesuksesan akan terbuka lebar bagi kita. Tapi kalau tekad kita hanya sedikit, saya jamin anda tidak akan bisa menjadi blogger yang sukses. Salam Motivator.


pelajar nge blog

27 Responses to "Pelajar Harus Nge Blog"

  1. mantap brad Semoga berhasil dengan karyanya ini(Y)
    by : Owner The Divider ( http://the-divider.blogspot.com )

    BalasHapus
  2. saya tunggu artikelmu. semoga jadi juara lagi :) amin

    BalasHapus
  3. ternyata pengalaman pribadi dapat menciptakan karya yang menarik.... semoga sukses....!!!

    BalasHapus
  4. sukses juga kawan. kutunggu artikelmu :)

    BalasHapus
  5. waaahh ternyata nge blog thu bukan cuman buat isi waktu luang aja yaah mmmm nambah wawasan juga bisa nambah kreaktifitas jugak yaah kereeen jadii tau sekarang napa banyaak temen kku yg hoby bangeet nge blog
    makasiih yaah infonya

    BalasHapus
  6. just want to share for world(nyontek kata2nya pelajarpro.com :D )

    BalasHapus
  7. ciiee...ichal! selamat nah!
    kemudian Rizky, semoga menang ;)

    BalasHapus
  8. keep blogging ;D (y)

    BalasHapus
  9. Makasih atas artikelnya... semoga anda menang di kontes itu. AMIN :)

    BalasHapus
  10. tidak perlu menang.. yg penting berguna bagi sesama ;)

    BalasHapus
  11. terima kasih atas artikelnya, sangat bermanfaat ;) kembangkan bro (y)

    BalasHapus
  12. wah keren, baca artikel ni bikin wawasan sya bertambah ^_^

    BalasHapus
  13. artikel yang menarik semoga menjadi inspirasi buat pelajar lain agar tertarik membuat blog, Semoga Jadi juara ! Good Luck !

    BalasHapus
  14. Opini yang menarik.

    sukses ya buat kontesnya ^_^

    BalasHapus
  15. artikelnya menarik dan sangat bermanfaat,thanks yah sudah menambah wawasan baru,semoga sukses kontesnya.

    BalasHapus