Contoh Hasil Wawancara dengan Ketua OSIS

 Assalamu Alaikum Wr.Wb.  
        Wawancara merupakan suatu proses mengetahui suatu hal dengan cara bertanya ke narasumber. orang yang melakukan wawancara biasanya disebut pewawancara. Narasumber yang biasa dipilih dalam wawancara adalah orang yang sudah terbilang ahli di dalam objek yang ingin dipertanyakan. Tujuan pemilihan narasumber yang baik sangat mempengaruhi hasil wawancara.

          Kali ini, saya akan memperlihatkan hasil wawancara ke teman-teman. wawancara ini saya lakukan sendiri ke ketua osis di sekolah saya. hasil wawancara sebagai berikut:

Ketua dan Pengurus OSIS SMAN 1 Sengkang

TOPIK              : Ketua dan Pengurus Osis SMAN 1 Sengkang
Narasumber       : Rusli Usman(Mantan Ketua Osis)
Waktu                : Senin, 13 Januari 2013 pukul 05.30
Tempat               : Kelas 12 IPA 2
Pertanyaan :

 1.       Apa syarat untuk menjadi seorang ketua osis ?
 2.       Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang ketua osis?
 3.       Apa kesulitan-kesulitan yang biasanya dihadapi seorang  ketua osis?
 4.       Menurut anda, bagaimana kinerja pengurus osis di tahun ajaran ini?
       5.        Dari kelas akselerasi, tidak ada yang menjadi anggota MPK karena mereka menganggap kelas                   akselerasi terlalu sibuk dengan pelajaran. Apa pendapat anda tentang hal ini?
 6.       Apa yang membuat pengurus osis angkatan anda beda dari pengurus osis yang lain?
 7.       Pekerjaan apa yang tidak sempat anda selesaikan sewaktu menjabat sebagai ketua osis?
  8.       Apa harapan anda untuk pengurus osis yang baru?

Jawaban :

      1.       Beberapa syarat sebenarnya harus dipenuhi. Kalau saya, ada syarat dari MPK  harus memiliki intelektual yang baik dan diatas rata-rata dibuktikan dari prestasi. Kedua, harus lulus dari latihan dasar kepemimpinan. Seorang ketua osis juga harus mampu mengkoordinir semua kelas yang ada di SMAN 1 sengkang. Disinilah pentingnya kecerdasan dalam berorganisasi.

      2.       Banyak sikap yang harus dimiliki oleh seorang ketua osis. Tapi, yang terpenting adalah disiplin. Sebagai contoh, jika seorang ketua osis terlambat mengumpulkan PR, maka dia tidak mencerminkan perilaku seorang pemimpin

      3.       Sewaktu saya menjadi ketua osis, masalah yang paling sering saya temui adalah masalah dana. Kurangnya dana inilah yang sangat membatasi kinerja pengurus osis. Banyak kegiatan yang tidak maksimal karena terkendala dana. Jujur saja, iuran osis angkatan saya cuma Rp. 10.000,00. Berbeda dengan sekarang yaitu Rp. 20.000,00.
-->
       4.       Kalau pertanyaan ini, saya sulit menjawab karena saya tidak terlalu memonitoring kinerja pengurus osis di tahun ajaran ini. Tapi, saya menganggap kinerja mereka akan meningkat karena iuran osis telah meningkat 2 kali lipat. Meningkatnya iuran osis ini pasti sangat mempengaruhi kinerja pengurus osis di tahun ajaran ini.

      5.       Tidak menutup kemungkinan siswa kelas akseleresi menjadi seorang anggota organisasi. Malah akan lebih bagus jika seorang anggota organisasi kuat dalam intelektual. Jika masalahnya adalah mengganggu pelajaran, Saya pikir dengan masuk organisasi, pengetahuan-pengetahuan dari ekstrakulikuler juga dapat membantu siswa di dalam intrakulikuler. Seperti masalah mempergunakan dana yang sedikit dengan sebaik-baiknya yang merupakan perilaku seorang konsumen di dalam pelajaran ekonomi.

      6.       Yang paling menonjol adalah kebersamaan. Kebersamaan dalam satu organisasi harus dipupuk. Karena kegiatan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kebersamaan antar anggota organisasi.

       7.       Yang paling utama yaitu basket. Saya ingin membuat satu event basket yang mencakup satu sekolah. Tapi lagi-lagi terkendala oleh dana. Ada juga factor lain yaitu lapangan yang tidak memadai dan peminat yang kurang.

       8.        Untuk pengurus osis yang baru saya minta kebersamaannya harus ditingkatkan lagi. Pengurus osis yang baru seharusnya sering berkonsultasi dengan pengurus osis seniornya. Kita harus belajar dari pengalaman. Hasil kerja kami sewaktu masih menjadi pengurus osis tergolong baik. Hal yang baik seharusnya kita lanjutkan dan lebih ditingkatakan.

Demikian hasil wawancara yang dapat saya bagikan ke teman-teman. Semoga hasil wawancara ini dapat berguna dan menjadi inspirasi teman-teman. Wassalamu Alaikum Wr.Wb

"Contoh Hasil Wawancara dengan Ketua OSIS"

0 Response to "Contoh Hasil Wawancara dengan Ketua OSIS"

Posting Komentar