Contoh Resensi Novel tentang Cinta

       Pada kesempatan kali ini, saya membuat tulisan dengan judul "Contoh Resensi Novel tentang Cinta". Contoh resensi novel ini lengkap dengan identitas buku, sinopsis, penilaian dan simpulan atau penutup. Silahkan simak contoh resensi novel tentang cinta ini.


1.       Judul Buku              : Penantian Cinta
2.       Identitas buku
-       Judul buku / novel           : Setulus Cinta Maria
-       Pengarang                       : Maria Cecilia
-       Tebal buku/novel             : 128 halaman
-       Ukuran buku                   : 11.5 x 17.5 cm
-       Penerbit                           : Sinar Matahari, Jakarta
3.       Sinopsis cerita
Setulus Cinta Maria menceritakan kisah Maria yang menyimpan perasaan cinta terhadap Aldi sejak SMP sampai kuliah, tapi Aldi tidak mengetahuinya.  Aldi menjalin hubungan dengan kekasihnya yang bernama Nena. Disaat suasana bahagia, Nena dijodohkan oleh orang tuanya. Aldi pun merasa kecewa dan frustasi. Hari demi hari Aldi semakin terhanyut dalam kekecewaannya. Namun, dalam kekecewaannya hadir seorang gadis yang bernama Maria.Gadis itu mampu menghibur Aldi dengan sifatnya yang sangat perhatian dan ramah.
Maria mengajak Aldi untuk menonton di bioskop.  Pada saat menunggu waktu pemutaran film, tanpa mereka sadari sepasang mata bening terus mengamati mereka dari sudut ruang bioskop. Sinar matanya memancarkan kecemburuan. Dengan rasa berani, Nena memanggil Aldi yang sedang bersama Maria.  Maria pun merasa cemburu dan menangis pulang ke rumahnya. Aldi menyusul Maria di rumahnya dan berusaha untuk menjelaskan apa yang telah terjadi. Setelah itu, Aldi mengungkapkan perasaanya kepada Maria. Karena pemuda yang ganteng itu benar – benar jatuh cinta kepada Maria yang selama ini menantinya dengan penuh kesabaran menunggu cintanya. Maria kembali merasakan bahagia bersama Aldi. Sedikit demi sedikit kegersangan itu mulai menghilang dalam jiwanya berganti dengan keindahan cinta yang terjalin. Hati Maria menjadi berbunga – bunga.
4.       Penilaian
-         -  Kelebihan
Novel setulus cinta Maria ini cocok dibaca oleh kalangan remaja karena dapat memberi pembelajaran tentang bagaimana kita harus bersabar dan menunggu sampai mendapatkan apa yang diharapkannya.
-       -   Kelemahan
Pengarang terlalu berlebihan dalam memaknai cinta. Pengarang membuat penokohan menjadi sangat sempurna padahal di dalam kehidupan tidak seperti itu kenyataannya. Seperti tokoh Maria  yang rela melepaskan Aldi apabila dia masih mencintai Nena. Di dunia nyata tidak ada wanita yang rela melepaskan kekasihnya.
5.       Simpulan / penutup

Novel ini tidak boleh dibaca oleh kalangan anak – anak yang masih dibawah umur karena membahas tentang percintaan.

2 Responses to "Contoh Resensi Novel tentang Cinta"